Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk, Rajin Berolahraga dengan 4 Panduan ini!


Olahraga menjadi faktor penting yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit, penuaan dini, dan masalah kesehatan lainnya.

Dengan menggunakan prinsip Frekuensi, Intensitas, Jenis, dan Waktu, Anda akan dipandu menuju hasil latihan terbaik seperti yang ditetapkan oleh U.S. Surgeon General and American College of Sports Medicine.

Frekuensi

Menurut U.S. Surgeon General and American College of Sports Medicine, Anda cukup melakukan olahraga dengan intensitas aktivitas fisik sedang, sekitar 30 menit setiap harinya atau minimal tiga jam seminggu dengan satu hari libur.

Bahkan, sekali pun Anda hanya melakukan 10 menit setiap harinya, ternyata masih bermanfaat bagi kesehatan.

Intensitas

Secara umum, aktivitas fisik intensitas ringan bisa diukur dengan nada bicara Anda saat berolahraga. Jika masih dapat berbicara normal berarti Anda dalam intensitas ringan. Jika Anda berbicara tersengal-sengal berarti Anda memasuki intensitas sedang. Sedangkan dalam latihan intensitas tinggi, napas Anda akan memburu lebih cepat dan membuat Anda sulit berbicara.

Waktu

Sekali lagi, Anda harus berolahraga dengan waktu kumulatif 30-90 menit setiap hari dalam seminggu, atau tergantung pada tujuan kesehatan Anda. Jika Anda memulai dari nol, Anda sebaiknya berolahraga 30 menit untuk mencapai tujuan Anda. Dibutuhkan 21 hari untuk membentuk sebuah kebiasaan. Jadi, jika Anda bisa mempertahankan selama tiga minggu, Anda memiliki kesempatan besar untuk berhasil dengan program latihan Anda.

Jenis

Selain itu, Anda disarankan memilih jenis olahraga yang bisa Anda nikmati, sehingga Anda bisa rajin melakukannya. Jangan terjebak dalam pikiran bahwa Anda memerlukan peralatan mahal untuk mulai berolahraga.

Well, selamat mencoba. Goodluck! (jay)