Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Latihan Singkat di Kursi Kerja Anda

3 Latihan Singkat di Kursi Kerja Anda - Jam kerja yang sangat padat seringkali menjadi alasan banyak orang untuk tidak menjalankan aktivitas olahraga secara rutin. Duduk terlalu lama saat bekerja seringkali menjadi faktor utama tubuh menjadi tegang yang dapat mengakibatkan nyeri pada bagian otot tertentu seperti leher dan punggung. Jika berlangsung dalam waktu lama, hal ini dapat memicu stres dan berbagai penyakit berbahaya.

Sebenarnya Anda bisa mencegah hal ini dengan menyisipkan sedikit waktu untuk melakukan olahraga ringan di sela kesibukan Anda bekerja. Bahkan dari kursi tempat duduk Anda, ada berbagai macam latihan ringan yang memungkinkan tubuh Anda untuk tetap aktif bergerak. Nah, berikut ini beberapa latihan ringan yang bisa Anda lakukan di sela kesibukan untuk membantu tubuh Anda tetap aktif bergerak dan terlatih dengan baik.

3 Latihan Singkat di Kursi Kerja Anda

Latihan Peregangan

Stretching atau latihan peregangan berperan penting untuk mencegah kekakuan otot akibat duduk berjam-jam lamanya. Latihan peregangan berguna dalam menjaga otot dan sendi tetap kuat dan lentur.

  • Knee ExtensionÂ

    Untuk latihan ini Anda tidak perlu beranjak dari tempat duduk Anda. Lebarkan jarak kedua kaki Anda selebar bahu. Kedua tangan berada di samping tubuh. Kemudian angkat kaki kanan Anda lurus ke depan. Luruskan tulang punggung Anda. Tahan 10-15 detik, kemudian turunkan kaki ke posisi semula dan ganti dengan kaki kiri. Ulangi 10 repetisi untuk masing-masing kaki.

  • Cat Cow Stretch

    Setelah mencoba Knee Extension Anda bisa beralih ke gerakan selanjutnya, yaitu cat cow stretch. Caranya, duduk dengan punggung tegak. Kedua tangan memegang lutut. Tarik napas dan condongkan pinggang ke depan. Tahan beberapa detik. Hembuskan napas dan lengkungkan punggung ke belakang. Lakukan masing-masing sebanyak 10 repetisi dalam tempo lambat.

Latihan Kekuatan

Setelah melakukan latihan peregangan, sekarang saatnya Anda melakukan latihan lainnya yang lebih menantang. Apa saja latihan itu? Berikut jawabannya untuk Anda.

  • Chair Dips

    Latihan ini berguna untuk melatih tubuh bagian atas. Untuk melakukan latihan dips, pastikan kursi Anda kuat dan stabil. Berdirilah membelakangi kursi dan tumpukan berat badan Anda dengan kedua tangan memegang ujung kursi. Kemudian angkat tubuh Anda dengan mengkontraksikan otot dada, bahu dan tricep secara bersamaan. Turunkan tubuh secara perlahan ke bawah dengan posisi punggung tetap lurus, kemudian angkat tubuh Anda kembali. Ulangi gerakan ini sebanyak 8-10 kali.

  • Chair Squats

    Latihan ini baik untuk melatih tubuh bagian bawah terutama otot perut Anda. Chair squat dapat menjadi latihan yang bisa Anda lakukan di tengah kesibukan Anda bekerja. Caranya cukup mudah. Berdirilah di depan kursi Anda, kemudian lakukan gerakan jongkok secara perlahan dengan mengkontraksikan otot paha, pinggul, dan perut Anda. Berhentilah saat pantat Anda menyentuh papan kursi. Tahan posisi ini selama 2-5 detik, dan kembali ke posisi semula. Ulangi 8-10 kali.

Latihan Kardio

Selain latihan peregangan dan latihan kekuatan, ada satu latihan lagi yang bisa Anda lakukan di tengah kesibukan Anda, yaitu latihan kardio. Latihan kardio sangat efektif dilakukan untuk membakar timbunan lemak dalam tubuh. Bayangkan jika Anda tetap bisa membakar lemak saat bekerja. Latihan kardio terbaik yang bisa Anda lakukan di kantor meliputi, jumping jack, lari ditempat, naik turun tangga, dan sebagainya.

Sekalipun Anda melakukannya dalam waktu yang relatif singkat, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dari melakukan latihan ini. Selain membakar kalori lebih banyak, latihan kardio juga berguna meningkatkan aliran darah, menyehatkan jantung, dan menjadikan tubuh lebih bugar saat bekerja.

Selamat berlatih!