Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Alasan Mengapa Anda Butuh Latihan Compound

4 Alasan Mengapa Anda Butuh Latihan Compound - Latihan compound adalah latihan yang menggerakkan tubuh melalui lebih dari satu gerakan sendi dan melatih lebih dari 1 grup otot.

Barbell squat adalah latihan compound cukup populer di kalangan fitnessmania. Ada yang menyebut latihan ini sebagai raja dari semua latihan compound yang menggerakkan tubuh Anda menggunakan mayoritas kelompok otot dan menekuk pergelangan kaki, lutut, pinggang, pinggul, dan sampai derajat tertentu.

Bagaimanapun, jika tujuan utama Anda adalah untuk membentuk otot, maka Anda bisa memasukkan metode latihan compound ke dalam program latihan Anda.

Berikut 4 alasan sehat mengapa Anda perlu mencoba latihan compund:

4 Alasan Mengapa Anda Butuh Latihan Compound

Tingkatkan Metabolisme

Jika Anda ingin membakar lebih banyak kalori dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh, maka Anda wajib mencoba latihan ini. Satu sesi latihan compound dapat merekrut lebih banyak otot. Semakin banyak otot terlibat semakin banyak pula lemak tubuh yang akan dibakar.

Lebih Efisien Membentuk Otot

Latihan compound memungkinkan Anda untuk mengangkat beban lebih berat dan melatih lebih banyak kelompok otot. Dengan cara ini Anda bisa menghemat waktu dana dapat memaksimalkan pertumbuhan otot dalam waktu yang lebih singkat.

Merangsang Hormon Pertumbuhan

Latihan compound juga memiliki kelebihan dalam mengirim pesan pada sistem endokrin tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak lagi hormon anabolik seperti testosteron dan hormon pertumbuhan, sehingga perkembangan massa otot dapat terjadi lebih maksimal.

Kencangkan Otot Perut

Lupakan latihan sit up. Latihan compund seperti squat, lunges dan deadlift ternyata bisa melatih bagian tengah tubuh Anda lebih baik ketimbang latihan sit up biasa. Variasi gerakan pada squat, lunges dan deadlift juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh bagian tengah sehingga kordinasi antara tubuh bagian atas dan bawah menjadi sempurna ketika otot bagian tengah semakin kuat. (dan)