Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Perabot Rumah Tangga yang Bikin Gemuk

3 Perabot Rumah Tangga yang Bikin Gemuk - Sudah diet dan olahraga teratur tapi tetap saja berat badan tak mau turun? Hati-hati, bisa jadi perabot rumah anda penyebabnya. Kok bisa?

Lebih dari satu dekade para peneliti meyakini bahwa perabot rumah tangga yang ada di sekitar Anda berpengaruh besar terhadap bertambahnya berat badan seseorang. Bahkan tanpa disadari perabot-perabot rumah tangga tersebut berpotensi membuat kita terkena penyakit. Apa saja perabot yang dimaksud?

3 Perabot Rumah Tangga yang Bikin Gemuk

Piring

Meski terlihat elegan piring berukurang besar ternyata justru menghambat program penurunan berat badan. Adalah Dr Brian Wansink, psikolog dan penulis ‘Mindless Eating: Why We Eat More Than We Think’, mengungkapkan bahwa piring dan mangkuk ukuran besar membuat seseorang lebih mudah gemuk karena secara tak sadar Anda akan mengisi makanan sesuai ukuran wadahnya.

Ia menambahkan bahwa seseorang 22 persen makan lebih banyak jika menggunakan piring berdiameter 30 cm ketimbang priring berdiameter 25 cm.

Televisi

Sebaiknya anda tidak meletakkan televisi di ruang makan, atau makan sambil menonton televisi. Penulis ‘Press Pause Before You Eat‘, Dr Linda Mintle, PhD., menyebutkan bahwa makan sambil menonton tayangan televisi akan mengganggu konsentrasi anda saat mengunyah dan membuat anda makan lebih banyak tanpa disadari.

Hal senada disampaikan Mike Moreno, MD., penulis ‘The 17 Day Diet’. “Saya selalu mengajurkan orang-orang untuk duduk di meja makan dan fokus pada makanannya. Ini akan membuat Anda mengunyah lebih lambat. Sebaliknya, makan sambil menonton televisi berarti Anda multitasking dan tidak berkonsentrasi pada makanan,” ujar Mike.

Oleh sebab itu, sebaiknya tempatkan televisi di dalam tempat khusus atau di ruang keluarga agar Anda lebih fokus saat makan. Selain itu, Dr Mintle juga mengingatkan Anda agar mengurangi berbelanja camilan tak sehat karena iklan makanan sering membuat orang berkeinginan untuk ngemil makanan tak sehat.

Kulkas dan lemari dapur

Studi yang digelar di Cornell University menyebutkan bahwa seseorang 3 kali lebih mungkin mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran jika makanan tersebut mudah dilihat, baik saat meletakkannya di kulkas atau lemari dapur.

Para peneliti menganjurkan untuk meletakkan makanan sehat di rak bagian atas dan makanan lain di rak bagian bawah. “Ini akan melatih fokus mata anda agar lebih tanggap denga warna-warni sayuran dan buah-buahan sehingga anda lebih berselera mengonsumsinya,” terang David Brohl selaku penulis penelitian.

So, sebaiknya jangan meletakkan makanan yang bisa membuat Anda gemuk di tempat-tempat yang mudah dilihat jika ingin sukses menurunkan berat badan. (dan)